Kamis, 22 Januari 2015

Bagaimana Syarat Menjadi Senior Finance Manager dan Accounting Manager

TrikCariKerja - trik cepat mendapatkan pekerjaan 
Menjadi senior finance manager memang pekerjaan yang penuh tantangan, karena posisi ini memang menjadi salah satu posisi yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Tidak ada perusahaan yang tidak memiliki divisi finance (accounting). Sebenarnya antara bagian finance dan accounting memiliki fungsi dan tugas yang berbeda.


Tugas-finance-manager-accounting-manager

Nah anda ingin tahu apa saja syarat untuk menjadi seorang finance manager ataupun accounting manager di salah satu perusahaan di indonesia?

  1. Berpendidikan S1dan memiliki pengalaman yang relevan di bagian finance/accounting selama kurang lebih 5 tahun.
  2. Biasanya ada perusahaan yang mensyaratkan telah memiliki pengalaman di perusahaan akuntan publik paling tidak selama 2 tahun.
  3. Mampu menganalisa dan memecahkan persoalan yang berkaitan dengan keuangan dan akuntansi.
  4. Harus cakap dalam menggunakan komputer baik program finance/accounting maupun program-program pendukung pekerjaan seperti ms. word, ms.excel, ms.powerpoint, ms.outlook, dan lainnya.
  5. Memiliki kemampuan lebih dalam hal analisa data, akurasi data, motivasi yang tinggi, disiplin, dan berorientasi pada detail.
  6. Perusahaan akan lebih menyukai jika memiliki sertifikasi brevet A/B/C.
Dari data-data lowongan kerja di atas, dapat anda pastikan langkah apa yang harus anda lakukan misalnya jika anda belum memiliki pengalaman sama sekali dalam bidang perpajakan maka sebainya anda mengikuti training/pelatihan perpajakan (brevet A,B, atau C). Begitu juga anda harus bekerja dulu pada salah satu perusahaan akuntan publik alih-alih sebagai cara untuk mendapatkan pengalaman.

Jika anda sudah yakin dengan kemampuan anda secara teknis, maka anda dapat mencari lowongan kerja sebagai senior finance manager ataupun sebagai accounting manager. Selalu tingkatkan keahlian anda ke arah yang lebih spesifik agar anda semakin dibutuhkan oleh perusahaan, terlebih perusahaan bonafit. Bekerja sebagai senior finance ataupun sebagai accounting manager memerlukan tanggung jawab besar, namun sebanding dengan penghasilan yang akan anda dapatakan.

Meski setiap tahun banyak lulusan dari jurusan finance/accounting namun seorang lulusan tanpa kemampuan penguasaan dan pengetahuan yang detail, kemampuan di atas rata-rata dalam hal analisa data keuangan ataupun poin yang relevan, maka perusahaan akan sanksi untuk menerima anda di posisi tersebut. Posisi accounting/finance merupakan posisi yang sangat vital bagi setiap perusahaan. Hal ini berkaitan dengan pertanggung jawaban laporan keuangan periodikal, baik triwulanan, 6 bulanan, maupun, laporan keuangan tahunan. Anda akan dituntut andil dalam saran penentuan kebijakan apa yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan untuk masa yang akan datang berdasarkan analisa laporan keuangan yang ada pada tanggung jawab anda. Karena itu managerial membutuhkan analisa yang detail.

Baca juga info TrikCariKerja.com pada artikel sebelumnya, Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan: Meningkatkan Personal Value

Anda sudah yakin dengan kemampuan anda?
Jika ya maka saatnya anda melamar kerja di posisi tersebut, carilah peluang kerja untuk posisi tersebut dengan memfilter dari dari beberapa perusahaan melalui iklan lowongan pekerjaan yang ada pada website loker

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.