Kamis, 22 Januari 2015

Syarat Menjadi Drafter AutoCAD

TrikCariKerja - trik berkaitan dengan info lowongan kerja
Jika anda lihat di iklan lowongan kerja kompas setiap hari sabtu, maka akan anda jumpai banyak sekali dibutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan autocad. Iklan lowongan kerja autocad banyak terdapat baik iklan besar maupun iklan teks/baris. Mereka yang membutuhkan keahlian mengoperasikan software autocad adalah perusahaan-perusahaan dalam bidang design ataupun drafting, seperti konsultan arsitektur, mekanikal engineering, struktur, dan elektrikal. Hal ini karena memang perkembangan properti di indonesia selalu tumbuh kembang pesat memenuhi kebutuhan permintaan perumahan setiap tahunnya. Hal ini juga ditandai dengan semakin tingginya permintaan akan rumah tinggal dengan harga cukup tinggi. Lihatlah banyak sekali proyek-proyek perumahan yang selalu bermunculan. Tidak hanya itu, sektor properti seperti ruko, hotel, dan apartemen juga semakin banyak.

Nah, dari banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang teknik tadi, baik itu teknik arsitektur, struktur, maupun elektrikal/mekanikal, maka lowongan kerja autocad semakin banyak. Namun tidak dibarengi dengan tenaga kerja yang mampu di bidang cad design dan drafting.

Jika anda lulusan teknik setingkat STM, maka autocad merupakan hal wajib yang anda kuasai, apalagi jika anda sedang dalam proses mencari pekerjaan. Jika anda mampu mengoperasikan dan menguasai autocad, maka ada dapat menjadi tim drafting (drafter).
Setelah membaca artikel ini, silahkan baca juga:
Berapa penghasilah drafter cad.

Syarat untuk menjadi drafter dapat anda lihat di sini, yaitu:

1. Mampu mengoperasikan software autocad, baik 2 dimensi (2D) maupun 3 dimensi (3D), namun pada beberapa perusahaan tidak mewajibkan anda dapat menggambar 3D.

2. Mampu pembaca gambar teknik. Jika anda lulusan teknik, sepertinya tidak sulit untuk membaca gambar teknik baik denah, tampak, dan potongan.


3. Akan disukai memiliki pengalaman yang relevan di bidang yang sama. Misalnya jika anda melamar kerja di perusahaan konsultan arsitektur, maka akan lebih baik jika anda juga memiliki pengalaman dibidang arsitektur.

4. Memiliki inisiatif dan dapat bekerja sama dalam tim. Ya.. menjadi pribadi yang inisiatif memang sangat diperlukan di bidang drafting. Selain itu juga harus "enjoyful" dan mampu bekerja sama dalam tim kerja untuk memecahkan banyak persoalan ketika melakukan drafting untuk gambar diterapkan di lapangan.

5. Bersedia bekerja lembur. Ya.. pekerjaan sebagai drafter (drafting) memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk setiap proyek yang dikerjakan. Karena itu kebanyakan harus bersedia bekerja lembur, apalagi jika deadline proyek sedang dikejar-kejar.

Itulah beberapa syarat untuk menjadi seorang drafter autocad. Dari syarat yang disebutkan di atas, masih ada syarat lain yang mungkin diterapkan pada beberapa perusahaan. Setiap perusahaan dalam memasang iklan lowongan kerjanya hanya simple, namun dapat anda mencoba coba untuk "memata-matai" masing-masing perusahaan melalui internet, untuk informasi lebih lanjut tentang dunia kerja drafter pada perusahaan yang anda lamar.

Cara untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang lowongan pekerjaan biasanya melalui website perusahaan secara langsung. Anda dapat melihat di website tersebut di bagian "career".

Baca juga informasi yang berkaitan dengan tips melamar kerja, agar anda dalam mencari pekerjaan lebih cepat mendapatkan hasilnya.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.