Jumat, 23 Januari 2015

Trik Jitu Mencari Lowongan Kerja

TrikCariKerja - bukan sekedar tips cari kerja
Banyak sekali lowongan kerja yang selalu diiklankan baik melalui media cetak maupun media internet dan elektronik seperti radio dan televisi. Sebagai contoh, di harian kompas cetak terbitan tiap hari sabtu pasti menyajikan banyak sekali lowongan kerja. Selain kompas cetak, kompas karier (http://www.kompaskarier.com/) selalu diburu para pencari kerja, karena iklan lowongan kerjanya yang selalu update. Di situs lain seperti http://id.jobsdb.com/id, http://www.careerbuilder.co.id/, http://jobindo.com/, http://id.indeed.com/, dll juga banyak sekali lowongan kerja yang dipublish setiap harinya.
tips_dan_trik_mencari_lowongan_kerja
Namun pernahkan anda amati bahwa banyaknya lowongan kerja yang diiklankan masih saja banyak pengangguran, dan bukan berarti anda akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan dengan begitu banyaknya lowongan kerja yang dipasang. Karena meskipun lowongan kerja banyak, namun jika tidak sesuai dengan keahlian/ketrampilan anda maka kecocokan antara anda dan perusahaan yang mencari tenaga kerja tidak akan bertemu, oleh karena itu anda sebagai pencari kerja harus jeli membaca peluang yang ada di setiap iklan lowongan kerja yang. Jangan paksakan anda mengirim surat lamaran kerja karena hanya akan menyia-nyiakan waktu, tenaga, dan uang.

Beberapa tips dan trik mencari kerja bisa anda perhatikan pada artikel lowongan kerja ini agar anda tetap fokus untuk bisa memperoleh pekerjaan pada perusahaan yang anda incar.
  1. Gunakan Internet dan Media Sosial Online. 
  2. Mencari lowongan melalui media online dapat anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Media-media online khusus lowongan kerja seperti yang disebutkan di atas merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi para pencari kerja.

    Dari data statshow.com menunjukkan http://kompaskarier.com tiap harinya dikunjungi sekitar 3177 visitor; http://id.jobsdb.com dikunjungi lebih dari 149,381visitor tiap harinya; http://jobindo.com dikunjungi lebih dari 3.777 visitor/hari; dan yang luar biasa http://id.indeed.com yang mencapai 1.909.097 visitor perharinya.

    Jika anda tidak menemukan jenis dan kriteria pekerjaan yang anda cari, maka carilah menggunakan google search dengan kata kunci yang lebih spesifik misalnya "dibutuhkan staff mekanik jakarta desember 2014" atau menggunakan kata yang lebih spesifi sesuai dengan yang anda inginkan. Selain menggunakan pecarian google dan website-website khusus lowongan kerja di atas, gunakan juga facebook. Carilah informasi lowongan kerja melalui berbagai komunitas dengan funpage lowongan kerja. Namun jika anda menggunakan facebook berhatihatilah terhadap informasi lowongan kerja yang di-share. Cek keabsahan/kebenarannya ke website perusahaan yang sedang memasang lowongan kerja tersebut.

  3. Jalinlah komunikasi Sebanyak Mungkin
  4. Menjalin komunikasi dengan kerabat keluarga, teman, atau komunitas tertentu (misalnya ikut klub futsal, voli, bulutangkis, dll merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Meskipun kapasitasnya terbatas tidak seperti informasi lowongan kerja melalui media online, namun hal ini lebih valid. Tanyakan informasi lowongan kerja kepada mereka di mana mereka bekerja. Dalam bekerja mereka sering mereferensikan kepada teman dan anggota keluarga terdekat jika ada lowongan pekerjaan di tempat mereka bekerja. Memang hal yang menjadi tantangan jika anda ingin mencari pekerjaan lebih cepat yaitu anda harus banyak-banyak menjalin komunikasi dengan orang lain di luar rumah.

  5. Ikuti Event Bursa Kerja
  6. Meski mengikuti event bursa kerja memerlukan tenaga dan biaya yang tidak sedikit (untuk pembelian tiket, ongkos, dll), bursa kerja merupakan tempat yang bagus untuk melihat perkembangan pasar tenaga kerja yang dibutuhkan dan pasar karier yang ditawarkan di kota anda. Ratusan bahkan ribuan lowongan kerja bisa anda lihat di bursa kerja dari berbagai perusahaan yang berkembang dan membutuhkan tenaga kerja baru.

  7. Dapatkan Informasi dari Pengumuman di Sekolah/Universitas
  8. Banyak sekolah kejuruan/universitas yang menjalin kerja sama dengan perusahaan dari berbagai bidang, dan tidak jarang mereka mencari kandidat tenaga kerja dari alumni baru sekolah/universitas tersebut. Jika anda merupakan alumni di mana sekolah/universitas anda melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan, tidak ada salahnya anda mencari informasi lowongan secara rutin melalui jaringan pertemanan di sekolah/universitas anda. Setiap kesempatan kerja bisa saja datang dan akan menjadi milik anda 
Itulah trik cari lowongan kerja online dan biasa yang bisa anda gunakan agar cepat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan yang anda inginkan. Selain dari beberapa website di atas, sebenarnya anda juga dapat mencari banyak daftar lowongan kerja terbaru melalui jejaring sosial twitter dengan hastag tertentu misalnya #LowonganKerja, melalui facebook.com, ataupun website khusus para pencari kerja / website khusus lowongan kerja yaitu LinkedIn.com. Dengan terus update berbagai info kerja dari keempat sumber di atas diharapkan anda bisa menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan kriteria keahlian/ketrampilan yang anda miliki.

Selamat berburu lowongan kerja dengan trik yang dijelaskan di atas, semoga anda cepat berhasil dapat kerjaan baru. Anda sudah membaca tips dan trik cari kerja lainnya? Tips Wawancara Kerja, Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email.

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.