Minggu, 01 Februari 2015

Trik Menjawab Wawancara Kerja

Anda harus memiliki tips dalam melakukan wawancara kerja. Wawancara kerja merupakan hal yang sangat penting dalam proses pencarian kerja karena sesi tersebut merupakan sesi kontak langsung antara anda dan perusahaan (dalam hal ini si pewawancara). Apakah perusahaan (melalui si pewawancara) dapat mendapatkan informasi tentang anda secara langsung berkaitan segala hal yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang harus di isi secepatnya. Apakah anda merupakan orang yang tepat berdasarkan keahlian, sikap, mental, dan attitude sesuai keinginan perusahaan? Jika sikap dan mental anda baik, pola pikir anda maju, attitute anda hebat, dan keahlian anda tepat sesuai dengan lowongan kerja yang dibutuhkan, maka kemungkinan besar anda dapat di terima.

Pada saat wawancara, orang yang mewawancarai anda dapat mengetahui sikap dan pola pikir anda dari sudut pandang ilmu psikologi, bagaimana cara anda menjawab pertanyaan yang dia ajukan, bagaimana mimik wajah anda dalam merespon pertanyaan, bagaimana cara anda berpakaian, syle rambut, bahkan hal yang mungkin tidak anda ketahui. Dalam hal perkerjaan, keahlian bukanlah satu-satunya yang akan anda andalkan, namun juga bagimana sikap, kemampuan verbal berkomunikasi dengan orang lain (client) perusahaan, dan kemampuan kerja sama dalam sebuah tim. Nah, di sesi inilah (sesi wawancara) perusahaan akan mengetahui tentang "anda". Jadi, persiapkan jawaban dari kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh si pewawancara kerja, agar anda tidak grogi dan lebih yakin saat wawancara berlangsung.


Tips dan Trik dalam menjawab pertanyaan dari si pewawancara kerja adalah selalu memberikan jawaban yang bersifat positif. Jangan sekali-kali anda memberikan jawaban yang bersifat negatif. Agar anda lebih mahir dalam melakuakan wawancara kerja baca setelah membaca artikel ini (Trik Menjawab Wawancara Kerja), baca juga maksud dan tujuan wawancara kerja.
Contoh jawaban dari beberapa pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh si pewawancara kerja akan anda temui.

Berikut adalah contoh bagaimana anda seharusnya menjawab pertanyaan saat wawancara kerja:


Apa alasan anda ingin bergabung dengan perusahaan kami, perusahaan XYZ?

(Jawaban Positif): Saya senang mendapat kesempatan wawancara dengan bapak, karena saya sedikit banyak tahu tentang perusahaan yang bapak pimpin, alangkah senangnya jika saya dapat bergabung dengan perusahaan XYZ dan menjadi bagian dari tim yang solid untuk sama-sama memajukan perusahaan XYZ.

(Jawaban Negatif): Karena tidak ada perusahaan lain yang menerima saya, ini terjadi dari setiap kali saya melamar pekerjaan.

Kenapa anda keluar dari perusahaan lama?

(Jawaban Positif): Sebenarnya saya senang sekali bekerja di perusahaan lama, karena mereka di sana adalah orang-orang yang baik, bisa bekerja sama dalam tim yang solid, saling berkomunikasi, dan bisa saling menghargai. Namun saya dengan berat hati saya harus meninggalkan mereka karena saya butuh pengalaman kerja baru, dan saya rasa perusahaan yang bapak pimpin di sini akan menjadi tempat yang baik buat berkarya lebih bagus lagi. Ini juga kenapa saya ingin sekali bergabung dengan perusahaan P yang bapak pimpin.

(Jawaban Negatif): Karena di perusahaan lama tim kerjanya ga enak, tidak bisa diajak kerja sama, orang-orangnya acuh , apalagi managernya sama sekali tidak menyenangkan.

Berapa gaji yang anda inginkan?

(Jawaban Positif):
* Jika sudah berpengalaman kerja: 
Saya ingin bekerja lebih baik lagi di perusahaan XYZ yang bapak pimpin di sini dan ini adalah tantangan saya berikutnya, namun alangkah senangnya jika bapak bisa mempertimbangkan pengalaman saya yang saya cantumkan melalui CV (daftar riwayat pekerjaan / daftar riwayat hidup). Saya bekerja sesuai dengan relevansi keahlian saya. Saya yakin bapak di sini lebih tahu berapa grade gaji yang sesuai dengan pendidikan dan pengalaman yang saya miliki. (sebutkan gaji yang anda inginkan berdasarkan gaji terakhir di perusahaan anda bekerja dan naikkan hingga beberapa persen, mungkin 30% 40% atau 50% sesuai dengan keyakinan anda menganalisa kemampuan perusahaan berdasarkan skala & bonafiditas perusahaan)

* Jika anda belum berpengalaman:
Saya mengikuti aturan yang sesui dan diterapkan pada perusahan ini, pak. Yang penting bagi saya adalah bekerja bagaimana saya bisa memajukan perusahaan bersama Bapak.

(Jawaban Negatif):
Saya mengingkan sekian untuk pekerjaan ini, pak (anda langung menyebutkan nilai nominal besaran gaji yang anda inginkan).

Kapan anda akan bersedia bekerja?

* Jika anda masih bekerja di perusahaan sekarang:
Saya ingin secepatnya bergabung dengan perusahaan XYZ di sini, namun saya akan menyelesaikan tugas pekerjaan terakhir di perusahaan sekarang paling lama 2-3 minggu, agar sama-sama enak dan saling memegang tanggung jawab. Saya tidak ingin tanggung jawab saya di perusahaan lama, saya tinggal begitu saja.

* Jika anda sedang tidak bekerja:
Akan lebih baik secepatnya, atau kapan saja bapak bisa menelpon saya untuk memulai bekerja. Ataupun mungkin bapak bisa bapak tentukan sekarang kapan saya akan memulai bekerja, sehingga saya bisa melakukan persiapan lainnya. (baca: persiapan di sini dimaksudkan persiapan tempat tinggal jika anda jauh dari rumah, atau persipaan lainnya yang mungkin akan menghambat anda masuk kerja secepatnya)

Apakan anda bersedia ditempatkan di luar kota?
Dengan senang hati, pak. karena akan menjadi pengalaman tersendiri bagi saya saat saya bekerja dengan perusahaan ini dan berada di luar kota, saya bisa mengenal orang-orang lebih banyak dan dapat memajukan perusahaan.

Mana yang anda prioritaskan, pekerjaan atau keluarga, jika ada anggota keluarga anda ada yang sakit sementara perusahaan menginginkan anda masuk kerja pada hari itu karena sesuatu yang sangat urgent ?

Pekerjaan dan keluarga saya rasa sama-sama penting, ketika ada anggota keluarga yang sakit dan saya diharuskan untuk masuk kerja pada hari itu, maka saya akan usahakan masuk terlebih dahulu dan saya dapat menyerahkan pekerjaan saya sementara pada tim kerja di kantor. Jika semuanya sudah beres dan mengerti, maka saya akan ijin untuk keluarga saya yang sedang sakit.

Itulah beberapa tips dan trik menjawan pertanyaan saat wawancara kerja. Selalu berikan jawaban yang positif agar orang yang mewawancari anda semakin yakin, bahwa anda adalah orang yang paling tepat untuk bergabung di perusahaan tersebut. Namun juah sebelum anda melakukan trik wawancara pada saat melakukan proses interview, ada baiknya anda mereview tentang resume anda, pahami bagaimana tips menulis resume.

Pertanyaan lainya seputar wawancara kerja, dan bagaimana tips menjawabnya akan ditulis berlanjut pada artikel berikutnya...

Jika tulisan ini anda rasa bermanfaat buat anda dan orang lain, silahkan untuk di share ke teman anda yang mungkin juga sedang mencari pekerjaan, melalui fb, twitter, atau g+ icon di bawah ini.